UTS Genap Semester 4 Jurnalistik Program Radio
UTS Genap
Semester 4
Mata Kuliah : Jurnalistik Program Radio
Dosen : Yudhy Widya Kusumo,
S.Sos., M.A.
Nama : Yoga Dirgantara
Nim : 153180063
Kelas/Prodi : A/IK
Hari/Tanggal : Rabu, 18 Maret 2020
1. Ada 11 karakteristik media radio :
1. Auditif (hanya suara)
2. Terdistribusi massal
3. Menciptakan imajinasi
4. Komunikasi persoal (akrab)
5. Cepat
6. Murah
7. Jangkauan luas
8. Menjaga mobilitas
9. Selintas dengar
10. Tidak terdokumentasi
11. Anti dentil
2. Radio sebagai kekuatan publik yakni :
- Public Necessity
(Pemenuhan Hak Publik) Dalam membuat
program radio berdasarkan kebutuhan khalayak ramai (minat publik). Hal ini berkaitan dengan fungsi media massa (informatif, edukatif, hiburan)
- Public Interest
(Pemenuhan Kepentingan Publik)
Radio diasumsikan
tidak hanya memiliki efek tertentu terhadap masyarakat tetapi juga mengabdi kepada tujuan sosial
kemasyarakatan atau kepentingan
publik
- Public
Convinience
(Pemenuhan Kesenangan /
Kenyamanan Publik)
Audience mencari
rasa nyaman ketika berhubungan dengan media. Ketika mereka merasa nyaman, kecenderungannya akan menyukai program radio tertentu.
3. Jenis berita radio :
- Air magazine atau
majalah udara, berbagai jenis berita serta program acara radio dapat disajikan
dalam kurun waktu misalnya 60 menit.
- Bulletin,
kumpulan berita mutakhir dan disiarkan dalam durasi yang telah ditentukan,
untuk menyiarkan 10-15 berita. Permasalahan yang disiarkan meliputi sosial,
politik, hiburan, olahraga, dll. Pola penyampaian berita diawali dengan berita
yang paling penting kemudian diakhiri dengan berita yang berkategori biasa.
- Copy story,
berita pendek yang disajikan selama 15-20 detik tanpa adanya sisipan apapun.
Biasanya berupa re-write dari media lain.
-Despatch atau
berita paket, pelaporan mendalam dari topik yang sedang aktual dan menjadi
pembicaraan masyarakat. Untuk menggali topik secara lebih mendalam, umumnya
dalam berita paket menyajikan berbagai pendapat dari pihak-pihak yang terlibat
serta pendapat pihak ketiga yang bersifat netral.
- Feature, disajikan dengan wawancara, musik
pendukung, ulasan redaksi, latar suara dan lain-lain dengan panjang durasi
bervariasi sekitar 10-15 menit, dapat dipahami sekaligus membangun imajinasi
khalayak pendengar.
- Interview atau
wawancara, bertujuan untuk menggali informasi lebih lanjut terkait peristiwa
yang terjadi sebelum tibanya reporter di lokasi.
- Live report atau
laporan pandangan mata, pelaporan berita tentang berbagai peristiwa atau
kejadian yang sedang terjadi, memberikan gambaran tentang apapun dilihat
reporter, sehingga pendengar dapat membayangkan kejadian.
- Voicer atau voice
report, berita pendek yang
menjelaskan sebuah peristiwa dan disampaikan oleh reporter, disisipi wawancara
narasumber sehingga berita yang disampaikan menjadi lebih akurat, jelas, dan
dapat dipertanggungjawabkan.
- Vox pop, berita
yang isinya berupa rekaman opini masyarakat tentang suatu peristiwa atau
kejadian.
4. Daya tarik jurnalisme radio disebabkan oleh beberapa
faktor berikut :
- Curiosity,
menjawab rasa ingin tahu.
- Important,
penting.
- Interest, menarik
(Unique Selling Point ).
- Understandable,
mudah dimengerti.
- Actuality &
Balance, aktual & seimbang.
- Continuity/
Follow Up, sesuai perkembangan terakhir.
- Communication
Needs, memenuhi kebutuhan berkomunikasi.
Comments
Post a Comment