UTS Genap Semester 4 Jurnalistik Program Radio


UTS Genap Semester 4
Mata Kuliah  : Jurnalistik Program Radio
Dosen                          : Yudhy Widya Kusumo, S.Sos., M.A.

Nama                          : Yoga Dirgantara
Nim                             : 153180063
Kelas/Prodi                : A/IK
Hari/Tanggal : Rabu, 18 Maret 2020


1. Ada 11 karakteristik media radio :
1. Auditif (hanya suara)
2. Terdistribusi massal
3. Menciptakan imajinasi
4. Komunikasi persoal (akrab)
5. Cepat
6. Murah
7. Jangkauan luas
8. Menjaga mobilitas
9. Selintas dengar
10. Tidak terdokumentasi
11. Anti dentil

2. Radio sebagai kekuatan publik yakni :
- Public Necessity (Pemenuhan Hak  Publik) Dalam membuat program  radio berdasarkan  kebutuhan khalayak ramai  (minat publik). Hal ini  berkaitan dengan fungsi  media massa (informatif,  edukatif, hiburan)
- Public Interest
(Pemenuhan  Kepentingan Publik)
Radio diasumsikan tidak  hanya memiliki efek tertentu  terhadap masyarakat tetapi  juga mengabdi kepada  tujuan sosial  kemasyarakatan atau  kepentingan publik
- Public Convinience
(Pemenuhan  Kesenangan /  Kenyamanan Publik)
Audience mencari rasa  nyaman ketika berhubungan  dengan media. Ketika  mereka merasa nyaman,  kecenderungannya akan  menyukai program radio  tertentu.

3. Jenis berita radio :
- Air magazine atau majalah udara, berbagai jenis berita serta program acara radio dapat disajikan dalam kurun waktu misalnya 60 menit.
- Bulletin, kumpulan berita mutakhir dan disiarkan dalam durasi yang telah ditentukan, untuk menyiarkan 10-15 berita. Permasalahan yang disiarkan meliputi sosial, politik, hiburan, olahraga, dll. Pola penyampaian berita diawali dengan berita yang paling penting kemudian diakhiri dengan berita yang berkategori biasa.
- Copy story, berita pendek yang disajikan selama 15-20 detik tanpa adanya sisipan apapun. Biasanya berupa re-write dari media lain.
-Despatch atau berita paket, pelaporan mendalam dari topik yang sedang aktual dan menjadi pembicaraan masyarakat. Untuk menggali topik secara lebih mendalam, umumnya dalam berita paket menyajikan berbagai pendapat dari pihak-pihak yang terlibat serta pendapat pihak ketiga yang bersifat netral.
- Feature,         disajikan dengan wawancara, musik pendukung, ulasan redaksi, latar suara dan lain-lain dengan panjang durasi bervariasi sekitar 10-15 menit, dapat dipahami sekaligus membangun imajinasi khalayak pendengar.
- Interview atau wawancara, bertujuan untuk menggali informasi lebih lanjut terkait peristiwa yang terjadi sebelum tibanya reporter di lokasi.
- Live report atau laporan pandangan mata, pelaporan berita tentang berbagai peristiwa atau kejadian yang sedang terjadi, memberikan gambaran tentang apapun dilihat reporter, sehingga pendengar dapat membayangkan kejadian.
- Voicer atau voice report,      berita pendek yang menjelaskan sebuah peristiwa dan disampaikan oleh reporter, disisipi wawancara narasumber sehingga berita yang disampaikan menjadi lebih akurat, jelas, dan dapat dipertanggungjawabkan.
- Vox pop, berita yang isinya berupa rekaman opini masyarakat tentang suatu peristiwa atau kejadian.

4. Daya tarik jurnalisme radio disebabkan oleh beberapa faktor berikut :
- Curiosity, menjawab rasa ingin tahu.
- Important, penting.
- Interest, menarik (Unique Selling Point ).
- Understandable, mudah dimengerti.
- Actuality & Balance, aktual & seimbang.
- Continuity/ Follow Up, sesuai perkembangan terakhir.
- Communication Needs, memenuhi   kebutuhan berkomunikasi.





Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH WIDYA MWAT YASA

Pemberdayaan Masyarakat

Jangan lupa bersyukur ya!!