Karakteristik Media Massa Internet (cyber media/online media)
Sumber gambar: https://www.pelajaran.co.id/2016/23/pengertian-media-massa-jenis-fungsi-dan-karakteristik-media-massa-menurut-ahli.html
Media
massa internet atau media online, populer
di abad 21, google lahir pada tahun 1997. Media internet bisa melebihi
kemampuan media cetak dan elektronik. Apa yang ada pada kedua media tersebut
bisa masuk dalam jaringan internet melalui website. Banyak kelebihan media
massa internet dibanding
media yang lain.
Namun akses internet yang masih terbilang bebas bisa berbahaya bagi pengguna yang belum mengerti. Misalnya penipuan, pornografi dsb. Media internet tidak harus dikelola sebuah perusahaan layaknya media cetak dan elektronik, melainkan bisa juga dilakukan oleh individu. (jenis-jenis media massa, 2017)
Namun akses internet yang masih terbilang bebas bisa berbahaya bagi pengguna yang belum mengerti. Misalnya penipuan, pornografi dsb. Media internet tidak harus dikelola sebuah perusahaan layaknya media cetak dan elektronik, melainkan bisa juga dilakukan oleh individu. (jenis-jenis media massa, 2017)
Informasi yang disajikan dalam jaringan
internet tidak semua disebut sebagai informasi media online. Karena, media
online sendiri memiliki beberapa karakteristik sendiri. Berikut ini terdapat 15
karakteristik media online:
1. Kapasitas Luas
Media online memiliki karakteristik sebagai media
yang dapat memuat naskah lebih banyak dibandingkan dengan media cetak atau
konvensional. Karena, media online terdapat laman atau halaman yang biasa
disebut sebagai page, yang dapat menampung banyak tulisan. Namun, hal
ini juga tergantung dari kapasitas laman web yang dimiliki dari media online
tersebut. Jika media online tersebut menggunakan laman web yang berkualitas,
maka ia bisa menampung banyak tulisan di lamannya sebagai informasi berita.
2. Informasi Lengkap
Dengan adanya karakteristik media online sebagai
media yang memiliki kapasitas luas, maka media online bisa dipastikan dapat
memberikan informasi yang lengkap. Dengan begitu, orang yang membaca media
online akan lebih akurat membacanya karena berita tidak banyak yang terpotong.
Berbeda dengan media cetak atau media konvensional yang jumlah karakter atau
katanya dibatasi karena terbatasnya halaman.
3. Tanggapan
Media online memiliki karakteristik yang juga
merupakan keunggulan dari media online yaitu adanya tanggapan yang cepat dari
pembaca. Dengan kita membuat informasi yang disajikan ke media online, maka
kita bisa menerima tanggapan dari pembaca secara langsung dengan menggunakan
kolom komentar. Nah, para komentar ini biasa disebut sebagai netizen. Berbeda
lagi dengan para pembenci informasi atau si penghujat informasi atau berita.
Mereka biasa disebut sebagai haters.
4. Editing Naskah
Jika terdapat kesalahan informasi atau salah
ketik alias typo, si penulis dapat mengganti sewaktu-waktu atau kapan saja.
Berbeda dengan media konvensional atau media cetak yang sudah tidak bisa diubah
lagi ketika terdapat kesalah informasi. Hal tersebut bisa saja diedit atau
diubah alias diklarifikasi, namun pada terbitan berikutnya.
5. Publikasi
Dengan adanya penyuntingan berita yang bisa
dilakukan kapan saja, maka publikasinya pun juga bisa dilakukan kapan saja.
Asalkan berita tetap masih hangat di suasana masyarakat. Dengan demikian,
jadwal terbit pada suatu media online bisa dilakukan kapan saja bahkan setiap
saat.
6. Berita Basi
Nah, umumnya berita di media online bisa
dikatakan merupakan berita yang tak pernah basi alias bisa dibaca kapanpun.
Ketika orang atau pembaca sedang ingin membaca berita tentang pergantian
presiden di tahun 2010, maka kita bisa saja melihat berita tersebut di tahun
2017. Asalkan berita tidak dihapus oleh si pemilik media online.
7. Cepat Terakses
Berita dalam media online akan cepat terbaca oleh
para pembaca atau masyarakat selama ia mengakses berita tersebut. Apalagi si
pembaca telah berlangganan alias newsletter website tersebut. Hal ini juga bisa
dikatakan sebagai keuntungan dari media online bahwa beritanya bisa langsung up
to date. Ketika kita mengunggah naskah atau berita kita di media online,
maka orang akan langsung dapat membaca berita yang kita unggah.
8. Jangkauan Luas
Berbeda dengan media konvensional yang
jangkauannya lebih sempit dibandingkan dengan media online. Media online
memiliki jangkauan yang sangat luas. Itu berarti para pembaca media online
dapat dibaca oleh banyak orang. Tak hanya di satu negara saja, bahkan sampai
seluruh dunia pun bisa membaca berita tersebut. Karena jaringan internet ini
dapat menghubungkan yaaang jauh menjadi dekat.
9. Aktual
Dengan adanya berita yang bisa ditayangkan kapan
saja dan bahkan setiap saat, maka dapat dikatakan bahwa berita pada media
online merupakan berita yang teraktual alias berita yang tidak basi. Mungkin
ini salah satu penyebabnya bahwa kebanyakan pembaca mulai beralih ke media
online dibandingkan dengan media cetak.
10. Pembaruan Berita
Berhubung ini adalah berita di dalam media
online, maka berita pun bisa saja mengalami pembaruan jika ada sesuatu atau
hal-hal yang perlu diubah dan diklarifikasi. Hal ini membuat berita-berita yang
disajikan di media online membuat beritanya bisa mengalami pembaruan. Berbeda
halnya dengan berita hoax yang sengaja menyajikan beberapa berita-berita palsu
untuk kepentingan rating webnya. Hal inilah yang tidak disukai oleh para
netizen ataupun para pers, khususnya pers online.
11. Interaktif
Dengan adanya berita online pada media online,
maka kita bisa langsung memberikan tanggapan secara langsung pada kolom
komentar yang biasa dilakukan oleh para netizen. Sehingga, bisa dikatakan bahwa
berita dalam media online ini merupakan komunikasi interaktif atau komunikasi
dua arah yang bisa mendapatkan tanggapan secara langsung dari komunikan atau si
penerima pesan. Tanggapan dan komentar tersebut bisa saja dilakukan di berbagai
fasilitas kolom seperti kolom komentar, chat room, polling, dan sebagainya yang
merupakan kolom untuk memberikan tanggapan ataupun penilaian terhadap berita
yang disajikan.
12. Tersimpan
Media online merupakan media yang dapat
menyajikan beberapa berita yang nantinya menjadi suatu data. Nah, data-data tersebut
bisa saja disimpan dan sewaktu-waktu bisa di repost alias dipublikasikan ulang
sesuai dengan kebutuhan redaksi. Namun, penyimpanan data atau berita dalam
website ini juga tergantung dari kapasitas hosting yang dimiliki dari suatu
media online. Standarnya, hosting yang dimiliki oleh para media online memiliki
kapasitas hingga 50 Gb sebagai penyimpanan data. Yang mana penyimpanan data
nantinya akan tersimpan di bank data alias arsip yang mungkin akan dapat
ditemukan melalui link alias artikel terkair. Atau bisa juga dicari melalui
fasilitas ‘cari’ atau ‘search’.
13. Saling Terhubung
Berita-berita dalam media online dapat terhubung
satu sama lain. Hal ini biasa disebut sebagai artikel terkait atau hyperlink.
Umumnya, para penyaji berita online ini akan mengaitkan beberapa berita atau
artikel yang terkait dengan artikel yang sedang dibahas pada laman tersebut.
Nah, hal ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan fasilitas hyperlink. Yang
mana kita bisa menautkan dengan artikel lainnya yang saling berkaitan.
Karakteristik media online satu ini juga bisa disebut sebagai salah satu
keunggulan dari media online jika dibandingkan dengan media cetak atau
konvensional.
14. Konten Multimedia
Konten yang berada di dalam media online
merupakan konten yang bersifat multimedia alias konten yang digital. Nah,
kebanyakan artikel yang disampaikan dalam media online ini merupakan artikel
yang ringan alias artikel feature. Ciri konten ini juga merupakan suatu hal
yang membedakan antara media online dengan media konvensional atau media cetak.
Namun, secara umum sebenarnya jenis konten dalam media online masih memiliki
kesamaan dengan media cetak yaitu adanya konten yang berbentuk berita actual,
opini, esai, hingga feature. Namun, dalam media online, bisa memberitakannya
secara multimedia yaitu mengandalkan audio dan visual. Inilah keunggulan dari
media online.
15. Link/Backlink
Salah satu keunggulan atau karakteristik dari
media online adalah adanya link yang bisadikaitkan. Nah, keunggulannya ini
adalah bahwa artikel yang kita buat bisa saja mendapatkan backlink dari artikel
lain yang berbeda website lain. Hal ini bisa saja menaikan traffic rating
website kita sebagai penyedia berita online atau media online. Link atau
backlink ini bisa kita manfaatkan melalui beberapa event atau kegiatan yang
isinya terdapat adanya backlink yang menautkan dengan artikel yang kamu buat
pada media online yang kamu kelolah. (Heru, 2017)
References
Heru (2017) 15 Karakteristik Media Online Secara Umum.
Available at: https://pakarkomunikasi.com/karakteristik-media-online.
jenis-jenis
media massa (2017). Available at:
https://solup.blogspot.com/2017/07/jenis-jenis-media-massa.html.
Comments
Post a Comment